KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI PADA SISWA KELAS V SD N 01 KARANGPANDAN KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Sunarti, Sunarti (2011) KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI PADA SISWA KELAS V SD N 01 KARANGPANDAN KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Kemampuan memahami apa yang dibaca kemudian mampu mengambil sebuah intisari dari bacaan merupakan keterampilan yang harus dikuasai untuk memperoleh sesuatu yang berarti dalam bacaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa pada teks narasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, dengan jumlah siswa 34 anak yang terdiri dari 23 anak laki-laki dan 11 anak perempuan, semester II tahun pelajaran 2010-2011. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman dan observasi kecepatan membaca. Validitas data menggunakan triangulasi dari beberapa sumber yaitu siswa, guru, dan observer. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif jenis interaktif yang terdiri dari kegiatan reduksi data, kajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca pemahaman teks narasi pada siswa kelas V SDN 01 Karangpandan menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa sudah baik. Hasil tes kemampuan membaca pemahaman teks narasi yang mencapai rata-rata 91,18 termasuk kategori baik; (2) Proses pembelajaran membaca pemahaman teks narasi yang dilakukan adalah dengan metode SQ3R (Survey Question Read Recite Review). Metode ini merupakan suatu rencana membaca yang terdiri dari mensur vai isi, membuat pertanyaan, membaca isi, menceritakan isi bacaan dan meninjau kembali bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan sikap yang positif pada setiap langkah pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca pemahaman, teks narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2011 05:23
Last Modified: 15 Aug 2011 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14075

Actions (login required)

View Item View Item