PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I SIMO BOYOLALI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011

ROBIANTO, DEDI (2011) PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I SIMO BOYOLALI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran jigsaw siswa kelas X2 SMA Muhammadiyah I Simo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan PTK yaitu dengan strategi pembelajaran jigsaw. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. terdapat peningkatan kualitas proses belajar siswa kelas X2 SMA Muhammadiyah I Simo. 2. terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas X2 SMA Muhammadiyah I Simo. Berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa pada siklus I 28,33 (cukup berhasil), siklus II 36,22 (berhasil). Aspek kognitif siswa sebelumnya 50,30, siklus I meningkat menjadi 60,00 dan siklus II meningkat menjadi 71,10. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran biologi kelas X2 SMA Muhammadiyah I Simo dengan menggunakan strategi pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa dari aspek kognitif dan aspek afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran jigsaw, kualitas proses, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 15 Aug 2011 02:48
Last Modified: 15 Aug 2011 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14071

Actions (login required)

View Item View Item