FADILAWATI, INDRI (2011) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING DAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SUB POKOK MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 02 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (127kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB___1.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB___2.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB___3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB___4.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB___5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang tepat untuk digunakan dalam mengajar pada pokok bahasan sistem pernapasan manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 02 Jumapolo yang berjumlah 187 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas reciprocal teaching dan 36 siswa sebagai kelas scramble. Analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan cara menganalisis data pada eksperimen dan kontrol. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari nilai ujian tengah semester dan nilai post test. Penerapan metode pembelajaran reciprocal teaching pada kelas VIIIB didapatkan hasil rata-rata skor (7,23) lebih tinggi dibanding dengan kelas VIII C yang menggunakan metode pembelajaran scramble yang memiliki rata -rata (6.85). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan penggunaan model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII B dan VIIIC SMP Negeri 02 Jumapolo Tahun ajaran 2010/2011. Model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik bila dibandingkan dengan model pembelajaran scramble, itu terbukti pada hasil rata-rata nilai reciprocal teaching yang lebih tinggi bila di bandingkan dengan scramble.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal teaching, Scramble, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 13 Aug 2011 02:56 |
Last Modified: | 13 Aug 2011 02:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14058 |
Actions (login required)
View Item |