PENGARUH PERSEPSI TENTANG BIMBINGANKONSELING DAN MOTIVASI BELAJAR OLEH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII PADA SEKOLAH MTs M 06 SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

RATNASARI, IKA (2011) PENGARUH PERSEPSI TENTANG BIMBINGANKONSELING DAN MOTIVASI BELAJAR OLEH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VII PADA SEKOLAH MTs M 06 SAMBI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi tentang Bimbingan Konseling terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII Pada Sekolah MTs M 06 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011; 2) untuk mengetahui pengaruh antara motivasi oleh orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII Pada Sekolah MTs M 06 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi tentang bimbingan konseling dan motivasi belajar oleh oran tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII Pada Sekolah MTs M 06 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011 Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yaitu penelitian dengan maksud memperoleh data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs M 06 Sambi Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 yang keseluruhan berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 30 siswa dari 30 siswa kelas VII MTs M 06 Sambi Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 yang menjadi anggota sampel. Penelitian ini tidak menggunakan teknik sempling apapun karena semua populasi dijadikan sampel. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik dokumentasi dan angket. Angket diujicobakan terlebih dahulu kemudian diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Persepsi tentang bimbingan konseling (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,559>2,052 (ttabel). Sehingga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa. 2) Motivasi belajar oleh orang tua diperoleh nilai thitung sebesar 2,500>2,052 (ttabel). Sehingga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa. 3) Hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 10,762>3,39 (Ftabel). Sehingga persepsi tentang bimbingan konseling dan motivasi oleh orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi. Sumbangan efektif (SE%) diperoleh hasil SE% X1=22,6% SE%X2=21,8%. Jumlah seluruhnya SE%=44,4% jumlahnya tidak 100% karena dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Sumbangan Relatif (SR%) diperoleh hasil SR%X1=50,90% SR%X2=40,10 jumlah SR%=100%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, bimbingan konseling, motivasi, prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Aug 2011 04:59
Last Modified: 12 Aug 2011 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item