WARDHANI, MAYLANA KHUSNA (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT UTAMA PADA TIAP PARAGRAF MELALUI MEMBACA INTENSIF DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 03 TUGU KECAMATAN JUMANTONO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (105kB) |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
Abstract
Penelitian ini mengangkat masalah yaitu: (1) Apakah metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif pada peserta didik, (2) apakah metode koopertif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat mendorong siswa untuk belajar lebih semngat, (3) bagaimana persepsi dan kesan siswa terhadap metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif dengan metode kooperatif tipe NHT, (2) Mengetahui seberapa besar semangat siswa dalam mengikuti pelajaran dengan metode kooperatit tipe Numbered Heads Together (NHT), (3) Mengumpulkan persepsi dan kesan siswa tentang pelaksanaan pembelajaran dengan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membac intensif dengan metode kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada peserta didik kelas IV SDN 03 Tugu, dan aktivitas KBM. Data dari penelitian ini adalah hasil menemukan kalimat utama pada tiap paragraf dengan pendekatan kooperatif tipe numbered heads together. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik observasi, catatan lapangan, tes, dokumentasi, dan angket. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) terdapat peningkatan kemampuan menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif dengan metode kooperatif tipe numbered heads together pada peserta didik kelas IV SDN 03 Tugu. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan rata-rata kelas 68,62 pada siklus I, meningkat menjadi 71,43 pada siklus II, kemudian meningkat lagi menjadi 91,60 pada siklus III. (2) siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif dengan metode kooperatif tipe numbered heads together.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, NHT (Numbered Heads Together), kalimat utama |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 11 Aug 2011 09:45 |
Last Modified: | 11 Aug 2011 09:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14020 |
Actions (login required)
View Item |