Jayanti, Tri (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Trangkil Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi siswa dengan metode pembelajaran tipe Cooperative Script. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP N 2 Trangkil yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi siswa dengan metode pembelejaran tipe Cooperaive Script: Hal ini dapat dilihat dari indikator keaktifan siswa: 1) Keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 27,78%, di akhir tindakan menjadi 69,44%. 2) Keaktifan siswa mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 16,67%, di akhir tindakan menjadi 63,89%. 3) Perhatian siwa terhadap penjelasan guru selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 27,78%, di akhir tindakan menjadi 100%. Untuk indikator kemampuan komunikasi siswa dapat dilihat: 1) Kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 19,44%, di akhir tindakan menjadi 72,22%. 2) Kerjasama siswa dalam kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 41,67%, di akhir tindakan menjadi 94,44%. 3) Kemampuan siswa untuk mengemukakan idenya sebelum diadakan tindakan sebesar 25%, di akhir tindakan menjadi 66,67%. 4) Kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan sebelum diadakan tindakan sebesar 27,78%, di akhir tindakan menjadi 66,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-38 |
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Script, keaktifan, kemampuan komunikasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 10:39 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 04:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14010 |
Actions (login required)
View Item |