Erika, Nur Rizky (2011) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Bibis Luhur I Surakarta Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.COVER.pdf Download (114kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri BibisLuhur1 Surakarta yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan prestasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Index Card Match. Hal ini dapat dilihat dari 1) Antusias mengerjakan tugas:sebelum tindakan sebesar 78,95%, pada putaran I pertemuan pertama sampai ketiga setelah di rata-rata sebesar 92,98%,pada putaran II setelah diratarata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar96,1%, pada putaran III setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 100%.2) Antusias mengajukan pertanyaan: sebelum tindakan sebesar 2,63%, pada putaran I pertemuan pertama sampai ketiga setelah di rata-rata sebesar 12,28%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 19,76%, pada putaran III setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 26,32%. 3) Antusias menjawab pertanyaan :sebelum tindakan sebesar 10,53%, pada putaran I pertemuan pertama sampai ketiga setelah di rata-rata sebesar 32,46%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 38,16%, pada putaran III setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 47,37%. 4) Evaluasi Mandiri Siswa: sebelum tindakan sebesar 78,95%, pada putaran I pertemuan pertama sampai ketiga setelah di rata-rata sebesar 88,6%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 92,11%, pada putaran III setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 96,1%.Penelitian ini berkesimpulan bahwa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | index card match, minat, prestasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 07:18 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 07:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13990 |
Actions (login required)
View Item |