Turtiyanti, Turtiyanti (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI KELAS VII A SMP NEGERI 3 NGARGOYOSO TAHUN AJARAN 2010/2011 MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI PENGGUNAAN MEDIA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (315kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK1.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
Abstract
Proses pembelajaran Biologi yang dilakukan sering kali masih dianggap kurang menarik dan siswa masih pasif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang dicapai juga kurang maksimal. Pada penelitian ini akan digunakan metode baru yaitu Pembelajaran Problem Based Instruction yang disertai penggunaan media. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode PBI disertai penggunaan media pada siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Ngargoyoso Karanganyar tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus, yang tiap siklusnya diakhiri dengan post tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,50 atau meningkat sebesar 0,40 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,85; ranah afektif = 13,7 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,25 atau meningkat sebesar 0,75 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,70; ranah afektif = 16,30 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,6 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 8,35 atau meningkat sebesar 1,10 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,66; ranah afektif = 21,63 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 5,33 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi PBI disertai penggunaan media dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pembelajaran PBI (Problem based instruction), media. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 07:09 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 07:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13989 |
Actions (login required)
View Item |