Yuanita, Asri (2011) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA TERHADAP NILAI PENDIDIKAN SD ISLAM KRADENAN TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (82kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi serta relevansinya terhadap nilai pendidikan di SD Islam Kradenan. Untuk mencapai tujuan tersebut, telah dianalisis novel Sang Pemimpi dengan menggunakan metode pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi terhadap novel Sang Pemimpi, serta wawancara dangan kepala sekolah SD Islam Kradenan untuk memperoleh data relevansi dari nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Cerita dalam novel Sang Pemimpi terdapat alur maju mundur (flashback) dengan hubunganhubungannya yang begitu logis, yaitu hubungan sebab akibat. Jumlah tokoh yang dianalisis adalah tujuh belas orang tokoh, yang terdiri dari tiga tokoh utama dan empat belas tokoh lain. Latar dibedakan atas latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Sedangkan tema cerita ini adalah tentang pendidikan yang diperoleh dengan perjuangan para tokohnya. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi: (1) nilai religius, sudut pandang yang mengikat manusia dengan Tuhan pencipta alam dan seisinya, relevan dengan materi keagamaan yang diterapkan di SD Islam Kradenan, (2) nilai sosial, suatu kesadaran dan emosi yang relatif lestari terhadap suatu objek, gagasan, atau orang, relevan dengan adanya hubungan saling kepedulian antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, (3) nilai moral, suatu nilai yang menjadi ukuran baik buruk, patut tidaknya manusia bergaul dalam kehidupan bermasyarakat, relevan dengan kedisiplinan dalam mentaati tata tertib yang ada di SD Islam Kradenan, (4) dan nilai juang merupakan sesuatu yang mendasari seseorang untuk bertindak, bergerak sesuai hati nurani sesuai dengan yang dicita-citakan, relevan dengan semangat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A510/2011-25 |
Uncontrolled Keywords: | nilai pendidikan, novel, relevansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 04:58 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13967 |
Actions (login required)
View Item |