RISMANI, RISMANI (2011) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI BILANGAN PECAHAN MATEMATIKA MELALUI METODE KOOPERATIF TEKNIK THINK-PAIR-SHARE. (PTK DI MIS NGUNUT KECAMATAN JUMANTONO KELAS 111 TAHUN 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (138kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran kooperatif teknik Think-Pair-Share dalam Pembelajaran Matematika pada siswa MI Sudirman Ngunut Kelas III guna meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa pada bidang studi matematika pokok bahasan bilangan pecahan sederhana melalui penerapan metode kooperatif teknik Think- Pair-Share, jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas III yang bekerjasama dengan peneliti. Sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III MI Sudirman Ngunut Jumantono, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan catatan lapangan serta metode bantu yang meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan pecahan sederhana. Hal ini dapat dilihat dari: 1) kreativitas siswa dalam memanipulasi sarana pembelajaran sebelum diadakan tindakan 0%, menggunakan modal matematisasi sebanyak 0 siswa (0%) menyelesaikan masalah sebanyak 5 siswa (31 %), membuat kesimpulan sebanyak 5 siswa (31%) diakhir Penelit ian Tindakan Kelas kreatifitas siswa dalam memanipulasi saran pembelajaran sebanyak 14 siswa (88%) menggunakan modal matematisasi sebanyak 13 siswa (81,25%), menyelesaikan masalah sebanyak 14 siswa (88%), membuat kesimpulan sebanyak 14 siswa (88%)
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep Operasi Bilangan Pecahan Matematika, metode Kooperati Teknik THINK-Pair-Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 09:59 |
Last Modified: | 09 Aug 2011 09:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13957 |
Actions (login required)
View Item |