Wulandari., Erna Dyah (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ADAPTASI MAKHLUK HIDUP MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 SURUH KALANG KECAMATAN JATEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Daftar Pustaka)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (114kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Adaptasi Makhluk Hidup melalui metode Problem Based Learning pada siswa kelas Kelas V SD Negeri 02 Suruhkalang Kecamatan Jaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Indikator pencapaian yang akan dicapai adalah ketuntasan belajar siswa mencapai sekurang-kurangnya 85% (85% siswa kelas V mendapatkan nilai sesuai KKM yaitu 70). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil belajar IPA siswa diperoleh data ketuntasan belajar siswa pada pre test hanya mencapai 48%, pada siklus I meningkat menjadi 76%, dan hasil belajar siswa mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 92%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan mencapai hasil optimal pada siklus II dengan hasil 92% siswa dapat memenuhi nilai KKM (70). Hal ini telah memenuhi indikator pencapaian yang ditentukan yaitu ketuntasan belajar siswa sekurang-kurangnya mencapai persentase 85%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 02 Suruhkalang Kecamatan Jaten Tahun Pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | adaptasi makhluk hidup, hasil belajar siswa, metode problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 09:00 |
Last Modified: | 09 Aug 2011 09:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13952 |
Actions (login required)
View Item |