UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI INQUIRING MIND WHAT TO KNOW (PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Simo, Boyolali)

FATRIYAH, RATNAWATI (2011) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI INQUIRING MIND WHAT TO KNOW (PTK Kelas VII SMP Negeri 2 Simo, Boyolali). Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] PDF (Full Text)
SKRIPSI_FULL_TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi inquiring mind what to know. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Simo Boyolali, yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dilihat dari aspek – aspek berikut : 1) antusias siswa dalam mengikuti pelajaran matematika dilihat dari siswa mempersiapkan perlengkapan tulis sebelum tindakan 25 % meningkat sebanyak 50 % pada akhir tindakan; 2) siswa yang menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 17,85 %. meningkat sebanyak 53,57 % pada akhir tindakan; 3) kemauan siswa menyelesaikan soal-soal pelajaran di depan kelas sebelum tindakan 17,85 % meningkat sebanyak 57,54 % pada akhir tindakan; 4) Siswa menanyakan materi yang belum jelas sebelum tindakan 10,71 % meningkat sebanyak 35,71 % pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan pendekatan inquiring mind what to know dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Inquiring Mind What To Know.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 26 Aug 2011 06:52
Last Modified: 26 Aug 2011 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13930

Actions (login required)

View Item View Item