RUSFITA, AULIA FARADIAN (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK di SMPN 2 Banyudono Kelas VII Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (85kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (16kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk untuk 1) mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa dalam: 1) menjawab pertanyaan meningkat dari (8,57%) menjadi (60%), 2) mengerjakan soal didepan kelas meningkat dari (11,42%) menjadi (34,28%), 3) perhatian terhadap penjelasan guru dari (48,57%) menjadi (85,71%), 4) mengajukan pertanyaan meningkat dari (0%) menjadi (37,14%), 5) hasil belajar siswa yang berada di atas standart meningkat dari (54,28 %) menjadi (100%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan minat dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-36 |
Uncontrolled Keywords: | means ends analysis, minat belajar, hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Aug 2011 06:51 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 04:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13907 |
Actions (login required)
View Item |