PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK di SMPN 2 Banyudono Kelas VII Tahun 2010/2011)

RUSFITA, AULIA FARADIAN (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELILING DAN LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG (PTK di SMPN 2 Banyudono Kelas VII Tahun 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk untuk 1) mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa dalam: 1) menjawab pertanyaan meningkat dari (8,57%) menjadi (60%), 2) mengerjakan soal didepan kelas meningkat dari (11,42%) menjadi (34,28%), 3) perhatian terhadap penjelasan guru dari (48,57%) menjadi (85,71%), 4) mengajukan pertanyaan meningkat dari (0%) menjadi (37,14%), 5) hasil belajar siswa yang berada di atas standart meningkat dari (54,28 %) menjadi (100%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Means-Ends Analysis dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-36
Uncontrolled Keywords: means ends analysis, minat belajar, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 06:51
Last Modified: 31 Oct 2011 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13907

Actions (login required)

View Item View Item