PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 MANYARAN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PUTRI, BRIAN KARTIKASARI (2011) PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 MANYARAN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._COVER.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._ANGKET_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh positif dari intensitas bimbingan orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011 yang keseluruhan berjumlah 194 orang siswa, dan jumlah sampel penelitian sebanyak sampel penelitian 50 siswa. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian menggunakan analisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Hasil perhitungan regresi diperoleh harga Freg =9,647 , dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;47) adalah sebesar 2,84 dan pada taraf signifikansi 1% = 4,31. Hasil perhitungan membuktikan bahwa Fhitung > Ftabel = 9,647> 2,84 atau 26,424 > 4,31, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh intensitas bimbingan orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Variabel intensitas bimbingan orang tua memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 2,40% dan kelengkapan sarana belajar sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 0,93%. intensitas bimbingan orang tua memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 77,52% dan kelengkapan sarana belajar sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 29,94%. Dengan demikian nampak bahwa variabel kelengkapan sarana belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap motivasi belajar pada siswa. Oleh kerena itu jika kelengkapan sarana belajar semakin baik atau semakin lengkap maka dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari intensitas bimbingan orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: intensitas bimbingan orang tua, kelengkapan sarana belajar, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 04:58
Last Modified: 08 Aug 2011 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item View Item