PUTRI, BRIAN KARTIKASARI (2011) PENGARUH INTENSITAS BIMBINGAN ORANG TUA DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 MANYARAN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._COVER.pdf Download (73kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
|
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Download (26kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._ANGKET_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh positif dari intensitas bimbingan orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011 yang keseluruhan berjumlah 194 orang siswa, dan jumlah sampel penelitian sebanyak sampel penelitian 50 siswa. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian menggunakan analisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Hasil perhitungan regresi diperoleh harga Freg =9,647 , dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;47) adalah sebesar 2,84 dan pada taraf signifikansi 1% = 4,31. Hasil perhitungan membuktikan bahwa Fhitung > Ftabel = 9,647> 2,84 atau 26,424 > 4,31, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh intensitas bimbingan orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011. Variabel intensitas bimbingan orang tua memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 2,40% dan kelengkapan sarana belajar sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 0,93%. intensitas bimbingan orang tua memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 77,52% dan kelengkapan sarana belajar sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 29,94%. Dengan demikian nampak bahwa variabel kelengkapan sarana belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap motivasi belajar pada siswa. Oleh kerena itu jika kelengkapan sarana belajar semakin baik atau semakin lengkap maka dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari intensitas bimbingan orang tua dan kelengkapan sarana belajar terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP N 1 Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas bimbingan orang tua, kelengkapan sarana belajar, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Aug 2011 04:58 |
Last Modified: | 08 Aug 2011 04:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13890 |
Actions (login required)
View Item |