DIANI, ESWATI (2011) PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (99kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2009 dengan julmah seluruhnya 235 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 100 mahasiswa dengan teknik random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,692 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen memiliki sumbangan efektif 19,2 %. 2) Kemandirian belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,164 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Kemandirian belajar mahasiswa memberikan sumbangan efektif 22,3%. 3) persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 34, 383 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011-25 |
Uncontrolled Keywords: | persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen, kemandirian belajar, prestasi belajar mahasiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Aug 2011 04:22 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 08:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13887 |
Actions (login required)
View Item |