PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2009

DIANI, ESWATI (2011) PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen terhadap prestasi belajar. 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. 3) pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2009 dengan julmah seluruhnya 235 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 100 mahasiswa dengan teknik random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,692 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen memiliki sumbangan efektif 19,2 %. 2) Kemandirian belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,164 > 1,985 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Kemandirian belajar mahasiswa memberikan sumbangan efektif 22,3%. 3) persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen dan kemandirian belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 34, 383 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A210/2011-25
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa mengenai kompetensi pedagogik dosen, kemandirian belajar, prestasi belajar mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Aug 2011 04:22
Last Modified: 25 Oct 2011 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13887

Actions (login required)

View Item View Item