PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD N PELEMGADUNG KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Hidayati, Reny (2011) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD N PELEMGADUNG KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_depan.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran PKn dengan metode Role Playing siswa memerankan secara langsung sesuai dengan perannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran PKn. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Pelemgadung 1 Karangmalang Sragen yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, Tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data perkembangan siswa siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kelas V pada pokok materi menghargai keputusan bersama. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang tercapai daya serap > 60 sebelum tindakan 48,48% setelah tindakan peningkatan siklus I 75,75% dan siklus II 87,87%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Role playing, hasil belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2011 06:18
Last Modified: 06 Aug 2011 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13880

Actions (login required)

View Item View Item