PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN JENIS KARANGAN SISWA KELAS XI SMK YP COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010/2011

LATHIFAH, SITI (2011) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN JENIS KARANGAN SISWA KELAS XI SMK YP COLOMADU KARANGANYAR TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Halaman_Depan.pdf

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF
Daftar_Pustaka.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok jenis karangan dengan menggunakan metode Jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TKR OC SMK YP Colomadu Karanganyar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara (diskusi), kajian dokumen, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator pencapaian pada siklus I sebesar 45% dan siklus II sebesar 60%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran melalui metode Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksaan siklus I dan siklus II. Peningkatan aspek kognitif siswa pada siklus I dapat dilihat sebesar 44% dan siklus II sebesar 80%. Aspek afektik siklus I sebesar 52% dan siklus II sebesar 72%. Aspek Psikomotor meliputi karangan deskripsi, narasi, eksposisi, dan argumentasi. Karangan narasi pada siklus I mencapai 24%. Karangan deskripsi sebesar 80%. Karangan eksposisi sebesar 72%. Karangan argumentasi sebesar 16%. Siklus II penilaian aspek psikomotor pada siklus II mengalami kenaikkan dari target yang telah ditentukan. Karangan narasi pada siklus II sebesar 80%. Karangan argumentasi siklus II sebesar 24%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode Jigsaw dalam pembelajaran pada pokok bahasan jenis karangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw dan prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 06 Aug 2011 07:27
Last Modified: 06 Aug 2011 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

View Item View Item