RETNO WIJAYANTI , ENDAH (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo Tahun 2010/ 2011 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (290kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (194kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (PTK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo Tahun 2010/2011) Endah R Wijayanti, A 410070085, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 84 hal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual berupa powerpoint. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo yang berjumlah 38 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIIG. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual, hal ini dapat dilihat dari 1) nilai siswa yang mencapai KKM ≥ 65 sebelum tindakan sebanyak 11 siswa (28,9%) dan setelah tindakan 28 siswa (73,6%), 2) keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 2 siswa (5,26%) dan setelah tindakan 10 siswa (26,3%), 3) mengemukakan ide atau gagasan sebelum tindakan 1 siswa (2,63%) dan setelah tindakan 13 siswa (34,2%), 4) membuat kesimpulan dengan benar sebelum tindakan 1 siswa (2,63%) dan setelah tindakan 12 siswa (31,5%). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok kubus dan balok.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, Creative Problem Solving (CPS), media visual. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 09:54 |
Last Modified: | 04 Aug 2011 09:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13824 |
Actions (login required)
View Item |