Sumarno, Garnis Zulaekha (2011) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (250kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (8kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas Siswa VIII SMP Negeri 2 Banyudono berjumlah 205 siswa, sedangkan sampel 136 siswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah tehnik propotional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) ”Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 12,635 > 3,914 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,001 < 0,05. 2) “Ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 3,280 > 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,041 < 0,05.3) “Ada interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi elajar matematika” tidak dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung < Ftabel sebesar 1,230 < 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,296 > 0,05.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 05:14 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 06:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13809 |
Actions (login required)
View Item |