PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO

Sumarno, Garnis Zulaekha (2011) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2) Untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. 3) Untuk mengetahui interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas Siswa VIII SMP Negeri 2 Banyudono berjumlah 205 siswa, sedangkan sampel 136 siswa, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah tehnik propotional random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) ”Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 12,635 > 3,914 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,001 < 0,05. 2) “Ada pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 3,280 > 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,041 < 0,05.3) “Ada interaksi antara fasilitas belajar dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi elajar matematika” tidak dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung < Ftabel sebesar 1,230 < 3,066 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,296 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2011 05:14
Last Modified: 11 Oct 2018 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13809

Actions (login required)

View Item View Item