SUKRON, SUKRON (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (PTK Pada Siswa Kelas X‐AP SMK PRAMA Kartasura Tahun Ajaran 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (209kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X-AP SMK Prawira Marta Kartasura, yang berjumlah 32 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah peningkatan minat belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat belajar yang meliputi: 1) respon siswa dalam menjawab/bertanya kepada guru sebelum tindakan 9,37%, putaran I 12,5%, putaran II 25% dan di akhir tindakan 43,75%, 2) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,25%, putaran I 12,5%, putaran II 21,87% dan di akhir tindakan 31,25%, 3) kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 31,25%, putaran I 46,87%, putaran II 56,25% dan di akhir tindakan 78,13%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan mengoptimalkan alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar Siswa, Model Pembelajaran ARIAS, Alat Peraga. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 04:44 |
Last Modified: | 04 Aug 2011 04:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13804 |
Actions (login required)
View Item |