SARWOTO, SARWOTO (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (293kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lapiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi jigsaw learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari: prestasi belajar matematika sebelum menggunakan strategi jigsaw learning 8 siswa atau 25,81 % dengan dampak mengiring berani tampil di depan kelas 4 siswa, aktif menyelesaikan soal 4 siswa, kepercayaan diri 2 siswa, kemampuan menyelesaikan soal 3 siswa, dan menangkap masalah sebagai tanggapan tidak ada, setelah tindakan dengan menggunakan strategi jigsaw learning prestasinya meningkat menjadi 29 siswa atau 93,55 %., sedangkan dampak pengiringnya berani tampil di depan kelas 19 siswa, aktif menyelesaikan soal 20 siswa, kepercayaan diri 22 siswa, kemampuan menyelesaikan soal 18 siswa, dan menangkap masalah sebagai tanggapan 17 siswa Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan strategi jigsaw learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika dengan materi ukuran pemusatan data siswa SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten semester 1 tahun pelajaaran 2010 2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis masalah, strategi jigsaw, prestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Aug 2011 04:17 |
Last Modified: | 04 Aug 2011 04:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13799 |
Actions (login required)
View Item |