PUSPITARINI, SANTI (2011) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA ATAS KETERAMPILAN MENGAJAR DOSEN DAN KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (132kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh antara komunikasi dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa secara bersama- sama terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2008/2009 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sampel diambil sebanyak 123 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan untuk diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 1,098+ 0,008X1 + 0,025X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang positif antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,506 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014 dengan sumbangan efektif sebesar 5,776%; 2) Ada pengaruh yang positif antara komunikasi antara dosen dan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 7,019 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 30,324%; 3) Ada pengaruh yang positif antara persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 33,959 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,361. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,361 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi mahasiswa atas keterampilan mengajar dosen dan komunikasi antara dosen dengan mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 36,1%, sedangkan 63,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A210/2011-27 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Mahasiswa, Keterampilan Dosen, Komunikasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 03 Aug 2011 04:47 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 06:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13780 |
Actions (login required)
View Item |