OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

SANTOSO , ARIS TRI (2011) OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka_.pdf

Download (8kB)

Abstract

OPTIMALISASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHERE HERE PADA POKOK BAHASAN PECAHAN (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010) Aris Tri Santoso, A 410 060 236, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 61 Halaman Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar siswa pada pecahan dengan menggunakan Metode everyone is teachere here dengan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VIIE SMP Al-Islam Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa dalam: 1) persiapan materi pembelajaran sebelum tindakan dari 18 siswa (48,64 %) menjadi 33 siswa (89,19 %), 2) mengemukakan ide dari 5 siswa (13,51 %) menjadi 21 siswa (56,75%), 3). Mengerjakan soal-soal latihan dari guru meningkat dari 23 siswa (62,16 %) menjadi 35 siswa (94,59 %), 5) Menanyakan yang belum jelas meningkat dari 4 siswa (10,81 %) menjadi 22 siswa (59,45 %). Kesimpulan penelitian ini adalah Metode everyone is teachere here dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, pembelajaran matematika, everyone is teachere here
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 28 Jul 2011 09:43
Last Modified: 28 Jul 2011 10:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item View Item