AMBARWATI, DIAN (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI FUNGSI DAN BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDODADI 2 MASARAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (172kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini adalah menggunakan metode konvensional, dimana proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan masalah sehingga perlu adanya strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA. Salah satu strategi yang digunakan adalah strategi pembelajaran scramble. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA dengan strategi pembelajaran scramble pada siswa kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Data mengenai keaktifan siswa diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sidodadi 2, kecamatan Masaran, kabupaten Sragen dalam pembelajaran IPA melalui strategi scramble. Sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang hanya mencapai 57,813. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 60,313. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai 71,875. Pada siklus III nilai hasil belajar siswa mencapai 82,5.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi scramble,meningkatkan hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 09:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2011 10:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13721 |
Actions (login required)
View Item |