KURNIAWATI, DESI (2011) PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN AKUNTANSI DAN RASA PERCAYA DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (350kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa. 2) pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri siswa. 3) pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kartasura dengan jumlah seluruhnya 200 siswa. Sampel diambil sebanyak 80 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,552 > 1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Rasa Percaya diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,229 > 1,991 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi dan rasa percaya diri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 33,998 > 3,115 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel persepsi siswa tentang pelajaran akuntansi memberikan sumbangan efektif 20,8% dan variabel Rasa percaya diri memberikan sumbangan efektif 26,1%. Jadi total sumbangan efektif adalah 46,9%, sedangkan 32,3% sisanya oleh variabel yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa akuntansi, rasa percaya diri dan prestasi belajar akuntansi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Jul 2011 06:29 |
Last Modified: | 28 Jul 2011 06:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13707 |
Actions (login required)
View Item |