MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI RECITATION METHOD PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV PADA MATERI PELAJARAN TUMBUHAN DI SDIT AROFAH 2 KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

RAHAYU, DEWI PUJI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI STRATEGI RECITATION METHOD PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV PADA MATERI PELAJARAN TUMBUHAN DI SDIT AROFAH 2 KLEGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
2_BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar melalui penerapan strategi Recitation Method. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDIT Arofah 2 Klego yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA, pada materi tumbuhan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA, khususnya pokok bahasan tumbuhan setelah diterapkan strategi recitation method dari 60% pada pra-siklus menjadi 70% pada siklus I dan 100% pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi recitation method dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi tumbuhan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPA, strategi recitation method
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 10:15
Last Modified: 27 Jul 2011 10:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13686

Actions (login required)

View Item View Item