PERSEPSI GURU TENTANG PERAN KEPALA SEKOLAH DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI WIROSARI KECAMATAN WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010/2011

FACHRY, ALFIAN IHZA (2011) PERSEPSI GURU TENTANG PERAN KEPALA SEKOLAH DAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI WIROSARI KECAMATAN WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (BabII)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Persepsi guru tentang peran kepala sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan; 2) Implementasi manajemen berbasis sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan; 3) Persepsi guru tentang peran kepala sekolah dan implementasi manajemen berbasis sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan analisis statistik untuk menguji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri Wirosari yang berjumlah 30 orang. Seluruh populasi diteliti sehingga disebut penelitian populasi, sehingga tidak menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakn terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji R2 , serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 14,927 + 0,425.X1 + 0,499.X2 . Artinya mutu pendidikan dipengaruhi oleh persepsi guru tentang peran kepala sekolah dan implementasi MBS. Kesimpulan yang diambil dari penelitian adalah: 1) Persepsi guru tentang peran kepala sekolah berpengaruh positif terhadap mutu pendidikan di SD Negeri Wirosari. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 3,088 lebih besar dari ttabel (2,042) pada taraf signifikansi 5%; 2) Implementasi MBS berpengaruh positif terhadap mutu pendidikan di SD Negeri Wirosari. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 3,711 lebih besar dari ttabel (2,042) pada taraf signifikansi 5%; 3) Persepsi guru tentang peran kepala sekolah dan implementasi MBS secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap mutu pendidikan. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 28,109 lebih besar dari Ftabel (3,39) pada taraf signifikansi 5%. Persepsi guru tentang peran kepala sekolah memberikan kontribusi sebesar 29,9%, sedangkan variabel implementasi MBS memberikan kontribusi sebesar 37,7% terhadap mutu pendidikan. Secara keseluruhan persepsi guru tentang peran kepala sekolah dan implementasi MBS memberikan kontribusi sebesar 67,6% terhadap mutu pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-32
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, kepala sekolah, manajemen berbasis sekolah, mutu pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Jul 2011 09:47
Last Modified: 31 Oct 2011 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item