PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN MEDIA FLASH MOVIE POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XIA SMA MUHAMMADIYAH 2 GEMOLONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011

PUSPITASARI, KHAERUNISA (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT DENGAN MEDIA FLASH MOVIE POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS XIA SMA MUHAMMADIYAH 2 GEMOLONG SRAGEN TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (BAb II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_1_silabus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia dengan penggunaan strategi Card sort dengan media Flash movie siswa kelas XIA SMA Muhammadiyah 2 Gemolong Sragen Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan strategi Card sort dan media Flash movie yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 69,84 dari nilai awal sebesar 59; sedangkan nilai rata-rata afektif sebesar 9,88 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat menjadi 80,64 dari siklus I yang hanya 69,84; sedangkan nilai rata-rata afektif meningkat menjadi 13,04 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Card sort dengan media Flash movie dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XIA SMA Muhammadiyah 2 Gemolong Sragen tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), Strategi Card sort dengan media Flash movie
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 06:06
Last Modified: 27 Jul 2011 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item