PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Kusumastuti, Dwi (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
2._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (BAB II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (BAB III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (BAB IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (BAB V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dari siklus I sampai III untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Penerapan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Rata-rata nilai dari aspek kognitif siklus I =68,5, siklus II=72,6, siklus III=81,3. (3) Rata-rata nilai dari aspek afektif siklus 1= 10,8 (kategori cukup berminat), siklus II= 11,1 (kategori cukup berminat), siklus III= 13,5 (kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-32
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Keaktifan Siswa, Strategi Giving Question and Getting Answers, Media Gambar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 05:42
Last Modified: 31 Oct 2011 05:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13659

Actions (login required)

View Item View Item