Kusumastuti, Dwi (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIIIE SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (73kB) |
|
|
PDF (BAB I)
2._BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (BAB II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (BAB III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (BAB IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (BAB V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi sistem peredaran darah manusia menggunakan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dari siklus I sampai III untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Penerapan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dengan adanya kenaikan nilai rata-rata tiap siklus.(2) Rata-rata nilai dari aspek kognitif siklus I =68,5, siklus II=72,6, siklus III=81,3. (3) Rata-rata nilai dari aspek afektif siklus 1= 10,8 (kategori cukup berminat), siklus II= 11,1 (kategori cukup berminat), siklus III= 13,5 (kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Giving Question and Getting Answers dengan media gambar pada pokok bahasan sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A420/2011-32 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Keaktifan Siswa, Strategi Giving Question and Getting Answers, Media Gambar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2011 05:42 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13659 |
Actions (login required)
View Item |