PUJIATI, SRI WAHYU (2011) UPAYA PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN PAPAN FLANEL KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK AISYIYAH KEPRABON SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.Hal_Depan.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.Bab_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
4.Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_Pustaka.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
Abstract
Bahasa anak perlu ditingkatkan salah satunya dengan upaya peningkatan perkembangan bahasa anak dengan metode bercerita. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan metode bercerita dengan papan flannel dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan selama 1bulan lebih sedikit di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Keprabon Tahun Ajaran 2010/2011. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 10 anak : 7 anak laki-laki, 3 anak perempuan. Serta guru berjumlah 4 orang. Data tentang perkembangan bahasa dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara omporasi/perbandingan yaitu membandingkan antara kperkembangan bahasa anak dari hasil penelitian dengan indikator kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita dengan papan flannel mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak di usia Taman Kanak-kanak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase perkembangan dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni prasiklus perkembangan bahasa anak mencapai 55,53 %, siklus I mencapai 64,26 % sebelumnya 60 %, siklus II mencapai 70,93 % debelumnya 70%, dan siklus III mencapai 83 % sebelumnya 80%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A520/2011-25 |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Bahasa, Metode Bercerita. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jul 2011 04:53 |
Last Modified: | 31 Oct 2011 05:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13648 |
Actions (login required)
View Item |