Kusumawati, Hesti (2011) PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN STRATEGI THE POWER OF TWO DENGAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP N 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
COVER-ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi The Power of Two dengan strategi Questions Students Have Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Ekosistem kelas VII SMP N 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu semester 1, yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas yaitu kelas VII E dan VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Non Parametrik yaitu Kruskal Wallis test sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk =5% dapat disimpulkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi The Power of Two dan strategi Questions Students Have pada pokok bahasan ekosistem dengan nilai signifikan atau nilai probabilitas 0,021. Dari hasil belajar yang diperoleh strategi The Power of Two lebih baik dibandingkan strategi Questions Students Have yaitu 79,062 > 72,656.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, The Power of Two, Questions Students Have |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2011 04:55 |
Last Modified: | 27 Jul 2011 04:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13647 |
Actions (login required)
View Item |