PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN STRATEGI THE POWER OF TWO DENGAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP N 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011

Kusumawati, Hesti (2011) PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN STRATEGI THE POWER OF TWO DENGAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMP N 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi The Power of Two dengan strategi Questions Students Have Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Ekosistem kelas VII SMP N 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu semester 1, yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 3 kelas yaitu kelas VII E dan VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Non Parametrik yaitu Kruskal Wallis test sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk =5% dapat disimpulkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan strategi The Power of Two dan strategi Questions Students Have pada pokok bahasan ekosistem dengan nilai signifikan atau nilai probabilitas 0,021. Dari hasil belajar yang diperoleh strategi The Power of Two lebih baik dibandingkan strategi Questions Students Have yaitu 79,062 > 72,656.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, The Power of Two, Questions Students Have
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:55
Last Modified: 27 Jul 2011 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13647

Actions (login required)

View Item View Item