PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN ASSOSIATIF DI TK BULAKREJO III KELOMPOK B SETRAN BULAKREJO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

IRAWATI, FADHILAH (2011) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN ASSOSIATIF DI TK BULAKREJO III KELOMPOK B SETRAN BULAKREJO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui bermain assosiatif dengan menggunakan alat permainan edukatif dari kaleng bekas. Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Bulakrejo III, Setran, Bulakrejo, Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas anak melalui bermain assosiatif di TK Bulakrejo III Setran, Bulakrejo Sukoharjo di setiap tindakan. Data sebelum tindakan membuat variasi gambar 27.27%, membuat variasi warna 27.27%, mengungkapkan gagasan baru dalam kelompok 22.72%, menempel kertas warna secara variasi 31.82%, menyusun kaleng menjadi bentuk berbagai jenis kendaraan dari kaleng 36.36%. Data yang diperoleh setelah tindakan membuat variasi gambar 72.73%, membuat variasi warna 77.27%, mengungkapkan gagasan baru dalam kelompok 86.36%, menempel kertas warna secara variasi 81.82%, dan menyusun kaleng menjadi bentuk berbagai jenis kendaraan 81.82%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A520/2011-22
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Bermain Assosiatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2011 04:24
Last Modified: 31 Oct 2011 05:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13644

Actions (login required)

View Item View Item