SILVIARSANTI, SILVIARSANTI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PQ4R BERBANTU LKS TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN BALOK (PTK di SMP N 2 Banyudono Kelas VIII Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (174kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran PQ4R berbantu lembar kerja siswa (LKS) terstruktur, dan (2) meningkatkan prestasi belajar melalui model pembelajaran PQ4R berbantu lembar kerja siswa (LKS) terstruktur pada materi balok. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif antara peneliti, guru matematika. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualita tif dengan metode alur. Hasil penelitian ini: (1) Adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi: (a) Bertanya kepada guru meningkat dari (10,3%) menjadi (44,8%) (b) Mengerjakan soal latihan di depan kelas meningkat dari (6,9%) menjadi (37,9%) (c) Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru meningkat dari (6,9%) menjadi (51,7%) (d) Mengemukakan ide meningkat dari (3,5%) menjadi (31%) (e) Menyanggah atau menyetujui ide teman meningkat dari (0%) menjadi (20,7%) dan (2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebelum tindakan (37,9%) setelah tindakan menjadi (86,2%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PQ4R berbantu LKS terstruktur dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, prestasi belajar, PQ4R, lembar kerja siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 10:07 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 19:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13631 |
Actions (login required)
View Item |