Rakhmawati, Belia Amma (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR GARIS SINGGUNG LINGKARAN DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING TOURNAMENT (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP N 6 Rembang Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (137kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan prestasi belajar garis singgung lingkaran melalui strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP N 6 Rembang yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes, metode catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi dengan penyidik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang bertanya bila belum jelas sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 71,43%. 2) Siswa yang memperhatikan selama proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 50%, di akhir tindakan menjadi 92,86% 3) Siswa yang menjawab/menanggapi pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 78,57%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah diadakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai >59 sebesar 21,43% dan di akhir tindakan menjadi 78,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar garis singgung lingkaran dapat ditingkatkan dengan pembelajaran aktif tipe Learning Tournament.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Tournament, motivasi, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 09:54 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 19:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13625 |
Actions (login required)
View Item |