PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA

HERI KISWANTO, TOTOK (2011) PENGEMBANGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP Negeri 5 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran )
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendekatan Contextual Teaching Learning dan konvensional terhadap minat belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Surakarta semester genap tahun ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak. Dari kelas yang diperoleh ditentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang dilakukan secara acak pula. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan test. Teknik analisis data menggunakan Uji - t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data diperoleh bahwa: Prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran dengan Contextual Teaching Learning lebih baik apabila dibandingkan metode konvensional dengan nilai signifikansi 3,304 > 1,994 dan minat belajar matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran dengan Contextual Teaching Learning lebih baik apabila dibandingkan metode konvensional dengan nilai signifikansi 2,227 > 1,994.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching learning, minat belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jul 2011 09:11
Last Modified: 17 Jan 2019 07:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13614

Actions (login required)

View Item View Item