SASWANTI, INDAH (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bendosari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (189kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Talking stick. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Bendosari yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sebagai metode pokok, serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi penyelidik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam 1) Kesiapan mengikuti pembelajaran sebelum tindakan 35,90% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 84,62%, 2) Mendengarkan penjelasan guru saat pembelajaran sebelum tindakan 48,72% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 89,74%, 3) Antusias menjawab pertanyaan guru atau siswa lain sebelum tindakan 15,38% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 71,79%, 4) Prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 65 sebelum tindakan 46,15% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 87,18%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode Talking stick dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, prestasi belajar, metode talking stick |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:42 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 04:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13595 |
Actions (login required)
View Item |