Noviana, Enik Agus (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (128kB) |
|
|
PDF ( BAB I)
BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan lembar kerja. Pendekatan penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Sidomulyo Kudus, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) membedakan contoh dan non contoh konsep lingkaran sebelum tindakan 12,9%, putaran I 22,6%, putaran II 41,93% dan putaran III 74,2%, b) menyatakan ulang konsep lingkaran dengan bahasa siswa sendiri sebelum tindakan 9,7%, putaran I 16,2%, putaran II 35,5% dan putaran III 61,3% c) mengaplikasikan konsep lingkaran dalam penyelesaian masalah sebelum tindakan 19,3%, putaran I 29%, putaran II 48,4% dan putaran III 80,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan lembar kerja dapat meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep Lingkaran, Questions Students Have, Lembar Kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan |
Depositing User: | Users 5 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 04:28 |
Last Modified: | 26 Jul 2011 04:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13591 |
Actions (login required)
View Item |