PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011

Noviana, Enik Agus (2011) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE DENGAN LEMBAR KERJA PADA SISWA KELAS VIII MTs RAUDLATUT THOLIBIN SIDOMULYO KUDUS TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF ( BAB I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan pemahaman konsep lingkaran melalui penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan lembar kerja. Pendekatan penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Raudlatut Tholibin Sidomulyo Kudus, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini: (1) ada peningkatan pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) membedakan contoh dan non contoh konsep lingkaran sebelum tindakan 12,9%, putaran I 22,6%, putaran II 41,93% dan putaran III 74,2%, b) menyatakan ulang konsep lingkaran dengan bahasa siswa sendiri sebelum tindakan 9,7%, putaran I 16,2%, putaran II 35,5% dan putaran III 61,3% c) mengaplikasikan konsep lingkaran dalam penyelesaian masalah sebelum tindakan 19,3%, putaran I 29%, putaran II 48,4% dan putaran III 80,7%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan lembar kerja dapat meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Lingkaran, Questions Students Have, Lembar Kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:28
Last Modified: 26 Jul 2011 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13591

Actions (login required)

View Item View Item