RUBIANTI OKTAFIANI , NITA (2011) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI IS-3 SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf Download (287kB) |
|
|
PDF (bab I)
BAB_I.pdf Download (200kB) |
|
PDF (bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
PDF (bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
Abstract
Nita Rubianti Oktafiani, A210070189, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011, 85 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran akuntansi melalui metode cooperative learning tipe two stay two stray pada siswa kelas XI IS-3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing- masing dilalui dengan empat tahap yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Observasi Tindakan, dan 4). Refleksi Tindakan. Obyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IS-3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 44 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aspek: 1) mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan kemampuan sendiri sebelum tindakan 27,27%, setelah tindakan akhir 90,91%, 2) menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan kemampuan sendiri sebelum tindakan 20,45%, setelah tindakan akhir 83,36%, 3) maju ke depan kelas untuk mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 6,81%, setelah tindakan akhir 43,18%, 4) berlatih menjelaskan ke teman lain sebelum tindakan 0%, setelah tindakan akhir 88,63%, 5) bekerja sama dan berinteraksi dengan teman lain sebelum tindakan 0%,setelah tindakan akhir 93,18%. Kemandirian belajar siswa sebelum tindakan 18,17%, setelah diadakan tindakan yaitu pada siklus I meningkat menjadi 48,63% meningkat menjadi 80,45% pada siklus II.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode cooperative learning tipe two stay two stray, pembelajaran akuntansi, kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 09:26 |
Last Modified: | 21 Jul 2011 09:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13524 |
Actions (login required)
View Item |