MARYANI, ANIK (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS X TKR 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Daftar Pustaka)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (87kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan media gambar ilustrasi, meningkatkan kualitas dan hasil keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan media gambar ilustrasi, dan memaparkan persepsi dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan media gambar ilustrasi pada siswa kelas X TKR 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. bentuk penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X dan data penelitian ini adalah karangan deskripsi siswa kelas X TKR 2 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara PTK model Kurt Lewin terdiri dari tiga tahapan analisis yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Data siswa dari siklus I sampai dengan siklus III dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar ilustrasi dapat meningkatkan pembelajaran menulis. Hal ini ditandai dengan persentase keaktifan, perhatian, konsentrasi, minat, dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Siswa mampu mendeskripsikan tempat, mendeskripsikan benda, mendeskripsikan orang, mendeskripsikan aktivitas, dan mendeskripsikan objek dengan detail. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar ilustrasi dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A310/2011-29 |
Uncontrolled Keywords: | karangan deskripsi, media gambar, penelitian tindakan kelas (PTK), siklus penelitian. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Jul 2011 08:30 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 03:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13515 |
Actions (login required)
View Item |