KONTRIBUSI MEDIA PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR AKUNTANSI KEUANGAN 1 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER IV UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011

Budiarti, Rahayu (2011) KONTRIBUSI MEDIA PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR AKUNTANSI KEUANGAN 1 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGAM PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER IV UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Kontribusi media pembelajaran terhadap prestasi belajar DAK 1 Mahasiswa Progdi Akuntansi semester IV tahun 2010/2011. 2)Kontribusi lingkungan belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 mahasiswa Progdi Akuntansi semester IV tahun 2010/2011. 3)Kontribusi media pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Mahasiswa Progdi Akuntansi semester IV tahun 2010/2011 Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Progdi Akuntansi semester IV tahun 2010/2011 UMS yaitu sebanyak 186 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 100 mahasiswa dengan teknik random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji t, uji f, koefisien determinasi, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 16,177+ 0,726X1 + 0,676X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar DAK 1 mahasiswa dipengaruhi oleh media pembelajaran dan lingkungan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “Media pembelajaran berkontribusi positif secara signifikan terhadap prestasi belajar DAK 1” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,472 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 22,9%; 2). “Lingkungan belajar berkontribusi positif secara signifikan terhadap prestasi belajar DAK 1” dapat diterima Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,057 > 1,985 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037 dengan sumbangan efektif sebesar 20,2%; 3). “Media pembelajaran lingkungan belajar berkontribusi positif secara signifikan terhadap prestasi belajar DAK 1” dapat diterima Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 36,686 > 3,090 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 43,1% menunjukkan bahwa besarnya kontribusi media pembelajaran dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 adalah sebesar 43,1%, sedangkan 56,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, lingkungan belajar, prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2011 10:23
Last Modified: 19 Nov 2019 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13497

Actions (login required)

View Item View Item