UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

NURDIYANA, EVI (2011) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (120kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
BAB__1.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (bab II)
BAB__2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (bab III)
BAB__3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (bab IV)
BAB__4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF
BAB__5.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Team Quiz. Sebelum diberikan tindakan pemahaman siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan cara dalam setiap pembelajaran guru memberikan pre-test dan ceramah kepada siswa untuk menimbulkan pemahaman siswa. Akan tetapi penerapan strategi tersebut belum mampu meningkatkan pemahaman siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Team Quiz. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan test. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten dari kemampuan menjawab pertanyaan, mengeluarkan pendapat, dan memberi sanggahan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi Team Quiz siswa yang paham dalam materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani sebanyak 6 (15,38%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan strategi Team Quiz, siklus I pemahaman siswa meningkat menjadi 15 (38,46%) siswa, siklus II pemahaman siswa meningkat menjadi 26 (66,66%) siswa dan siklus III pemahaman siswa meningkat menjadi 35 (89,74%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Team Quiz dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-24
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Team Quiz, Pemahaman Siswa, Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2011 09:19
Last Modified: 25 Oct 2011 08:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13477

Actions (login required)

View Item View Item