HARDONO, HARDONO (2011) PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 GUNTING KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (228kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (214kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
Abstract
Proses pembelajaran adalah merupakan suatu sistem. Dengan demikian, pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dari menganalisis setiap komponen yang dapat membentuk dan mempengaruhi proses pembelajaran. Berbagai media dapat dipergunakan di dalam menyampaikan proses pembelajaran dan pengenalan pendidikan. Pendidikan adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sebuah institusi sekolah. Sedangkan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan, perlu ditingkatkan kualitas manajemen pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui interaksi pembelajaran di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, (2) mengetahui kedisiplinan mengajar di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, dan (3) mengetahui administrasi pembelajaran di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitiannya adalah di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Temuan dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Negeri 2 Gunting, yang dilakukan kepala sekolah selaku manajerial, motivator, administrator, pengawas, dan juga sebagai evaluator. Penelitian ini menghasilkan bahwa : (1) interaksi pembelajaran antara guru dan siswa didik di SD Negeri 2 Gunting Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten dirasakan sudah cukup baik, (2) pengawasan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru di SD Negeri 2 Gunting telah berhasil dengan baik, dan (3) secara administratif dapat dilihat bahwa masih ada beberapa guru di SD Negeri 2 Gunting yang tidak melaksanakan rencana semester dan rencana tahunan serta pembuatan laporan semester maupun laporan tahunan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepengawasan dan kualitas pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Jul 2011 04:52 |
Last Modified: | 20 Jul 2011 04:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13466 |
Actions (login required)
View Item |