Utomo, Mohamad Hadi (2011) PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH STANDAR NASIONAL (Studi Situs di SMP Negeri 40 Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (138kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pengembangan kurikulum SSN. Namun secara spesifik tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis kurikulum di Sekolah Standar Nasional, dan (2) Mengetahui dan menganalisis pengembangan kurikulum di Sekolah Standar Nasional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP N 40 Semarang. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pengembangan kurikulum di SMP N 40 Semarang dilakukan berdasarkan beberapa prinsip yaitu (1) berpusat pada potensi peserta didik, (2) beragam dan terpadu, (3) tanggap terhadap perkembangan daerah, (4) relevan dengan kebutuhan kehidupan, (5) menyeluruh dan berkesinambungan, dan (6) belajar sepanjang hayat. (1) Kurikulum di SMP N 40 Semarang adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapain tujuan pendidikan nasional. Tujuan tersebut dilakukan untuk meningkatkan bidang akademis diantaranya adalah untuk meningkatkan nilai akademis siswa maupun untuk mengembangkan tenaga pendidik. Dalam kurikulum terdapat struktur kurikulum yang merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Struktur kurikulum KTSP yang digunakan di SMP N 40 Semarang terdiri dari mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri. Dalam kurikulum terdapat kalender pendidikan, silabus, dan Rencana Penyusunan Pembelajaran (RPP). (2) Pengembangan kurikulum yang ada di sekolah pada umumnya mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dalam pengembangan kurikulum memiliki dua tujuan yaitu tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan pada jenjang dan satuan pendidikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, kurikulum, KTSP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Jul 2011 04:31 |
Last Modified: | 20 Jul 2011 04:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13464 |
Actions (login required)
View Item |