Arifin, Thoriq (2011) METODE PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DALAM PERSPEKTIF KTSP PADA MI MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI (STUDI MULTI SITUS DI MIM TEJOBANG, MIM PAKEL DAN MIM PENTUR). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_BAB_0.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_BAB_1.pdf Download (343kB) |
|
PDF (Bab II)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
PDF (Bab IV)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
PDF (Bab VI)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Lampiran)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
Abstract
ermasalahan yang akan di pecahkan melalui peneltian ini adalah bagaimana implementasi KTSP pada pembelajaran membaca Al Qur’an dan metode yang efektif di MI Muhammadiyah di Kecamatan Simo (Studi multi situs di MIM Tejobang, MIM Pakel dan MIM Pentur). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi KTSP pada pembelajaran membaca Al Qur’an dan mengetahui metode yang efektif pada pembelajaran membaca Al Qur’an pada MI Muhammadiyah di Kecamatan Simo (Studi multi situs di MIM Tejobang, MIM Pakel dan MIM Pentur). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi MI Muhammadiyah Kecamatan Simo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dokumentasi. Teknik analisa dalam penelitian yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drawing/verification (penarikan kesimpulan/ verifikasi). Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi KTSP pada pembelajaran membaca Al Qur’an pada MI Muhammadiyah Kecamatan Simo (Studi multi situs di MIM Tejobang, MIM Pakel dan MIM Pentur) dengan memberikan tambahan alokasi waktu khusus. Dalam struktur kurikulum membaca Al Qur’an termasuk dalam kegiatan pengembangan diri. Pembelajaran membaca Al Qur’an di Madrasah yang telah dilaksanakan sesuai dengan beberapa acuan operasional penyusunan KTSP dan prinsip pengembangan KTSP. Keefektivan penggunaan metode tergantung pada kemudahan mendapatkan, biaya yang murah, materi mudah dikuasai guru dan mudah dalam pengelolaan pembelajaran sehingga mudah dikuasai oleh murid dan kemudahan guru memperoleh sumber pembinaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KTSP, metode membaca Al Qur’an |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Jul 2011 04:04 |
Last Modified: | 20 Jul 2011 04:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13463 |
Actions (login required)
View Item |