METODE PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DALAM PERSPEKTIF KTSP PADA MI MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI (STUDI MULTI SITUS DI MIM TEJOBANG, MIM PAKEL DAN MIM PENTUR)

Arifin, Thoriq (2011) METODE PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DALAM PERSPEKTIF KTSP PADA MI MUHAMMADIYAH DI KECAMATAN SIMO KABUPATEN BOYOLALI (STUDI MULTI SITUS DI MIM TEJOBANG, MIM PAKEL DAN MIM PENTUR). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_BAB_0.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_BAB_1.pdf

Download (343kB)
[img] PDF (Bab II)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (Bab IV)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] PDF (Bab VI)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Lampiran)
THORIQ_ARIFIN_-_TESIS_-_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)

Abstract

ermasalahan yang akan di pecahkan melalui peneltian ini adalah bagaimana implementasi KTSP pada pembelajaran membaca Al Qur’an dan metode yang efektif di MI Muhammadiyah di Kecamatan Simo (Studi multi situs di MIM Tejobang, MIM Pakel dan MIM Pentur). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi KTSP pada pembelajaran membaca Al Qur’an dan mengetahui metode yang efektif pada pembelajaran membaca Al Qur’an pada MI Muhammadiyah di Kecamatan Simo (Studi multi situs di MIM Tejobang, MIM Pakel dan MIM Pentur). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi MI Muhammadiyah Kecamatan Simo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi dokumentasi. Teknik analisa dalam penelitian yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclution drawing/verification (penarikan kesimpulan/ verifikasi). Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi KTSP pada pembelajaran membaca Al Qur’an pada MI Muhammadiyah Kecamatan Simo (Studi multi situs di MIM Tejobang, MIM Pakel dan MIM Pentur) dengan memberikan tambahan alokasi waktu khusus. Dalam struktur kurikulum membaca Al Qur’an termasuk dalam kegiatan pengembangan diri. Pembelajaran membaca Al Qur’an di Madrasah yang telah dilaksanakan sesuai dengan beberapa acuan operasional penyusunan KTSP dan prinsip pengembangan KTSP. Keefektivan penggunaan metode tergantung pada kemudahan mendapatkan, biaya yang murah, materi mudah dikuasai guru dan mudah dalam pengelolaan pembelajaran sehingga mudah dikuasai oleh murid dan kemudahan guru memperoleh sumber pembinaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: KTSP, metode membaca Al Qur’an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pemikiran Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2011 04:04
Last Modified: 20 Jul 2011 04:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13463

Actions (login required)

View Item View Item