SUPRIYANTA, SUPRIYANTA (2011) SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA SEBAGAI USAHA PEMBAHARUAN SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_AWAL_pak_supri.pdf Download (211kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_pak_supriyanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_pak_supriyanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI_pak_supri.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan alasan-alasan yang mendasari pemikiran penyelenggaraan Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya, 2) mendeskripsikan pengelolaan pendidikan di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya yang meliputi perencanaan (kurikulum, silabus/RPP, metode pembelajaran, pembiayaan, dan sarana prasarana), pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif serta didukung oleh analisis etnografi. Penelitian ini mengambil tempat di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. Sumber data diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan orangtua siswa. Teknik analisa menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan derajat percayaan (credibility), derajat keteralihan (transferability), derajat kebergantungan (dependenbility), dan derajat kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini menemukan: 1) Alasan penyelenggaraan Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya ini bermulai dari kasus rumah tangga dari pendiri sekolah ini yang putra-putrinya ketika itu masih sekolah di TK di dekat rumahnya, pada saat sekolah di TK itu ketika perjalanan ke sekolah ceria, tetapi ketika masuk lingkungan sekolahnya anak itu langsung terdiam kelihatan sedih dan kelihatan kurang semangat bahkan cenderung bermalas-malasan. Selain itu pendidikan alternatif ini lahir karena sekelompok pemerhati pendidikan tidak puas terhadap layanan pendidikan yang ada. Pembelajaran di sekolah umum sebagian besar masih bersifat konvensional dan kaku yang membatasi kreativitas serta kekhasan alamiah anak-anak yang ingin bermain sambil belajar. 2) Pengelolaan pendidikan di SD Alam Insan Mulia Surabaya menerapkan konsep pendidikan integratif dengan pendekatan joyful learning. Sebuah konsep pembelajaran yang berporos pada kepentingan siswa, kecakapan hidup (life skill), serta kenyamanan siswa. Kurikulum Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya (SAIMS) tetap mengacu pada kurikulum nasional, tetapi diperkaya dengan kurikulum manca negara antara lain Inggris, Australia, Jepang, dan Singapura. Kurikulum SAIMS juga memberikan penekanan pada pengembangan sikap kepemimpinan dan akhlaq yang baik (akhlaqul karimah). Sumber pembiayaan Sekolah Alam Insan Mulia ini dari berbagai sumber antara lain dari BOS pemerintah sebagaimana sekolah-sekolah lainnya, ditambah dari orang tua siswa yang berupa uang sumbangan gedung, uang kegiatan pertahun, dan SPP perbulan serta uang kegiatan pertahun. Hasil belajar siswa-siswi SAIMS ini secara umum juga selalu meningkat dari tahun ke tahun.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Pembaharuan, SAIMS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Jul 2011 05:12 |
Last Modified: | 19 Jul 2011 05:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13440 |
Actions (login required)
View Item |