Triwidadi, Nur (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN SEJARAH (Study Situs Madrasah Aliyah Negeri Purworejo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1.pdf Download (72kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (989kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) karakteristik materi pembelajaran Sejarah di MAN Purworejo. (2) karakteristik interaksi siswa dalam pembelajaran Sejarah di MAN Purworejo. (3) karakteristik evaluasi pembelajaran Sejarah di MAN Purworejo. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Purworejo. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri Purworejo. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1). Materi pembelajaran Sejarah Di MAN Purworejo diberikan dengan berpedoman pada KTSP dan disajikan dengan penggunaan teknologi. Sumber materi diambilkan dari buku standar KTSP, dan juga lingkungan. Materi pembelajaran sejarah berbasiskan ICT, dimana materi disampaikan menggunakan teknologi informasi seperti LCD proyektor, powerpoint, media animasi, internet, dan juga film-film sejarah dan dokumenter. (2) Interaksi siswa dalam pembelajaran Sejarah di MAN Purworejo sesuai dengan konsep pembelajaran yang guru gunakan yaitu siswa sentris. Guru menggunakan metode yang inovatif. Siswa berkelompok, membagi tugas, melakukan kegiatan diskusi berdasarkan materi yang diberikan guru, dan juga mempresentasikan hasil diskusi. Siswa melakukan kegiatan pencarian referensi melaui fasilitas yang disediakan sekolah. (3) Evaluasi pembelajaran Sejarah di MAN Purworejo dilakukan secara terjadwal serta dengan membuat laporan hasil evaluasi. Evalausi dilakukan setiap akhir pertemuan dengan melakukan post test, setiap tengah semester, dan juga akhir semester. Soal yang diberikan siswa dapat berupa tertulis maupun lisan dengan tanya jawab. Aspek yang dinilai dalam evaluasi pembelajaran Sejarah adalah kognitif dan afektif. Hasil evalausi dibuat laporan dan ditindak lanjuti dengan penyelenggaraan kegiatan remedial dan pengayaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, sejarah, materi, interaksi, evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Jul 2011 04:54 |
Last Modified: | 19 Jul 2011 04:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13438 |
Actions (login required)
View Item |