PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

KRISTIYANTI , RINI (2011) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DENGAN PENDEKATAN INFORMATION COMMU NICATION AND TECHNOLOGY (ICT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN “ENERGI ALTERNATIF” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SENDANGHARJO KARANGRAYUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3_BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
5_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV)
6_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
7_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
9_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan energi alternatif pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo Karangrayung Tahun Ajaran 2011/2012 melalui media gambar dengan pendekatan Information Communication and Technology (ICT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo yang berjumlah 38 siswa. Data hasil belajar IPA diambil dengan menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Analisis data dari penelitian adalah dengan cara deskreptif kualitatif, yaitu cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebesar 63,02 dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 66,71 pada aspek afektif diperoleh data 18,13 (cukup berminat), pada siklus II hasil belajar pada aspek kognitif meningkat menjadi 68,68 dan aspek afektif juga meningkat menjadi 19,18 (cukup berminat), dan siklus III rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat menjadi 72,10 dan aspek afektif meningkat menjadi 20,52 (berminat), sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan media gambar dengan Pendekatan Information Communication and Technologi (ICT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sendangharjo Karangrayung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media gambar, Pendekatan Information Communication and Technologi (ICT), Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2011 09:26
Last Modified: 11 Jul 2011 09:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13375

Actions (login required)

View Item View Item